PEMILAHAN SAMPAH DI SEKOLAH

SMA N 2 Kandangan tahun 2016 mewakili Provinsi Kalimantan Selatan untuk mengikuti Lomba Sekolah Sehat  Tingkat Nasional. Salah satu penilaian dari  perhelatan tersebut adalah bagaimana warga SMA N 2 Kandangan dalam melaksanakan pemilahan sampah. Pemilahan sampah adalah memisahkan sampah menjadi kelompok sampah organik (basah) dan non organik (kering) yang ditempatkan dalam wadah yang berbeda

sampah1

Gambar: Bak Sampah Pemilahan

Bak sampah yang berada pada gambar diatas terdiri dari 3 bak sampah yang tutupnya berbeda warna, yang warna hijau digunakan  untuk sampah yang berasal dari buah-buahan, sayur-sayuran atau daun-daunan yang cepat membusuk atau yang sering disebut sebagai sampah dapur. Sampah ini sering kita kenal dengan sebutan sampah organik.  Bak sampah yang  tutupnya berwarna merah digunakan untuk sampah yang termasuk katagori B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun), misalnya untuk sampah pecahan kaca, baterai ataupun bekas tempat bahan-bahan kimia.  Bak yang berwarna kuning adalah untuk sampah yang terbuat dari plastik ataupun botol plastik biasanya yang bisa di daur ulang . disebut juga sampah anorganik.

sampah2

Gambar: Bak  Sampah di  depan Kelas

Pada foto diatas adalah  Bak sampah yang di ada depan kelas biasanya ada 2 bak sampah, bak sampah tersebut terdiri dari bak sampah organik dan bak sampah non organik.  Jadi apabila saat membeli nasi bungkus dari kantin dan dibawa ke dalam  kelas maka membuang sampahnya harus dipilah, plastik kreseknya di buang ke bak sampah anorganik dan bungkus nasinya di buang ke bak sampah organik.

 

Tim Sekolah Sehat

 

About the author

admin

View all posts